Kamis, 15 Desember 2011


PENGARAHAN
Member perintah

Member perintah adalah fungsi atau tugas yang keempat dari pimpinan.bila rencana pekerjaan sudah tersusun,struktur organisasi sudah ditetapkan dan posi – posi atau jabatan – jabatan dalam stuktur organisasi atau dalam perusahan – perusahaan sudah diisi, berkewajibanlah pimpinan untuk menggerakan bawahan,memutar roda mesin perusahaan dan mengkoordinir,agar apa yang menjadi tujuan perusahaan dapat direalisir.
Sudah dimaklumi bahwa pimpinan itu adalah orang yang menghasilkan sesuatu melalui bawahannya. Bawahanya hanya menghasilkan sesuatu yang diinginkan atasannya,bila atasan itu memerintah bawahan tersebut untuk berbuat atau tidak berbuat.

Tujuan pemberian perintah 

Tujuan utama dalam pemberian perintah oleh atasan kepada bawahan adalah untuk mengkoordinir kegiatan bawahan,agar kegiatan masinfg – masing bawahan yang beraneka ragam macam itu terkoordinir kepada suatu arah yaitu kepada tujuan perusahaan.

Defenisi perintah 

Perintah adalah suatu intruksi resmi dari seseorang atasan kepada bawahan untuk mengerjakan atau tidak mengerjakan /melakukan sesuatu,guna merealisasi tujuan kepada realisasi tujuan perusahaan.

Unsur – unsur perintah
1.    Instruksi resmi
2.    Dari atasan kepada bawahan
3.    Mengerjakan atau tidak mengerjakan sesuatu hal
4.    Realisasi tujuan perusahaan
Jenis – jenis perintah
1.    Perintah lisan
2.    Perintah tertulis

Prisip – prinsip perintah
a.    Perintah harus jelas
b.    Perintah diberi satu persatu
c.    Perintah harus positif
d.    Perintah harus diberikan kepada orang yang tepat
e.    Perintah harus erat dendan motivasi
f.     Perintah satu aspek berkomunikasi



Tidak ada komentar:

Posting Komentar